Rabu, 11 Juni 2008

tugas ahir quality hotel

LAPORAN ON THE JOB TRAINING



FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTEMENT

SERAYU CHINESE RESTAURANT

QUALITY HOTEL YOGYAKARTA











Disusun oleh:

HARIYO SUKOCO



PERHOTELAN

BP3 “DUTA PERSADA”

Jalan Ibu Ruswo 55.2nd Yudonegaran , Yogyakarta

2007






LAPORAN ON THE JOB TRAINING



FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTEMENT

SERAYU CHINESE RESTAURANT

QUALITY HOTEL YOGYAKARTA











Disusun oleh:

HARIYO SUKOCO



PERHOTELAN

BP3 “DUTA PERSADA”

Jalan Ibu Ruswo 55.2nd Yudonegaran , Yogyakarta

2007




LEMBAR PENGESAHAN


Judul Laporan : Laporan On the Job Training di Serayu Chinese Restaurant

Jurusan : Perhotelan

Tempat On The Job Training : Quality Hotel Yogyakarta

Periode : 3 bulan ( 1 Oktober – 31 Desember 2007)




Disusun oleh:

HARIYO SUKOCO



Telah Disetujui dan Diterima dengan baik :

Yogyakarta , Desember 2007




Serayu Supervisor Training Koordinator



Rina Krisnawati Ira Pitrawati


Mengetahui

F & B Servise Manager


Budi Santoso



MOTTO


  • Jadilah dirimu sendiri

  • Lakukan yang terbaik buat dirimu dan orang lain

  • Pengalaman adalah guru terbaik

  • Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

  • Sahabat adalah orang dimana dia ada disaat kita senang ataupun duka

  • Waktu adalah uang























PERSEMBAHAN

Laporan ini , saya persembahkan kepada :

  • Alloh SWT

  • Orang tua saya tercinta

  • Pembimbing- pembimbingku

  • Teman-teman seperjuangan

  • Orang – orang yang sangat berarti dalam hidupku

























KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Alloh SWT, karma berkat limpahan rahmad, hidayah serta inayahnya saya dapat menyelesaikan On The Job Training di Quality Hotel Yogyakarta.Sekaligus dapat menyelesaikan pembutan laopran ini.

Selama proses penyusunan laporan ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan dan penulisan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan. Penulis mendapat banyak masukan dan bantuan baik secara moral maupun spiritual serta bimbingan, pengarahan yang bermanfaat dari berbagai pihak.

Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih sebesar- besarnya kepada :

  1. Alloh SWT

  2. H.Istijab M.Danunagoro, selaku General manager Quality Hotel Yogyakarta

  3. Ibu Deppy Meylina, selaku Directur of Food and Beverage

  4. Bapak Budi Santoso, selaku Service manager of Food and Beverage

  5. Ibu Doria Mahfoed, selaku HRD Manager

  6. Ibu Ira Pitrawati, Selaku Training Koordinator

  7. Seluruh staff Serayu Chinese restaurant yang telah membimbing , membantu, dan membina saya selama On the Job Training

  8. Seluruh staff serta trainer dari berbagai daerah

  9. Orang tua saya dan Bapak Ibu dari teman- teman dari Duta Persada Yogyakarta yang telah memberi dukungan

  10. Serata semua pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan ini.

Demikian yang dapat penulis sampaikan.Semoga laporan ini bermanfaat dan dapat dijadikan acuan bagi pihak yang membutuhkan.


Yogyakarta, Desember 2007



Penulis

DAFTAR ISI

  1. Halaman Judul……………………………………………………

  2. Lembar Pengesahan………………………………………………

  3. Motto……………………………………………………………..

  4. Persembahan……………………………………………………..

  5. Kata Pengantar……………………………………………………

  6. Daftar Isi………………………………………………………....

  7. Bab I Pendahuluan

  1. Latar Belakang……………………………………………….

  2. Profil Quality Hotel Yogyakarta……………………………..

  3. “It’s the Care That Counts”…………………………………

  1. Bab II Isi

  1. Food and beverage department quality hotel Yogyakarta…..

  2. Tugas sehari- hari yang dilakukan………………………….

  3. Manfaat Setelah Melaksanakan On the Job

Training di Quality Hotel Yogyakarta……………………..

  1. Bab III Penutup

  1. Kesimpulan………………………………………………..

  2. Saran………………………………………………………












BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dunia pariwisata di Indonesia kini semakin berkembang, hal ini dibuktikn dengan adanya peranan yang nyata dalam memberikan kontruksinya terhadap kehidupan ekonomi, social, budaya, dan politik, kesempatan kerja di dunia makin bertambah. Tidak hanya bagi orang- orang yang terampil tetapi bagi orang yang berpengalaman. Di dunia ini membutuhkan SDM yang berkualitas untuk melancarkan komponen – komponen yang ada di dalam pariwisata.

Dalam pembangunan dunia pariwisata juga harus di tunjang dengan tersedianya fasilitas- fasilitas seperti : akomodasi, restaurant, transportasi dan fasilitas- fasilitas lainnya yang dibutuhkan oleh tamu atau wisatawan. Hotel yang termsuk fasilitas akomodasi merupakan salah satu bentuk perusahaan yang menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serat fasilitas lainnya yang telah dikelola secara komersial

Hotel secara investasi yang bergerak di bidang jasa yang di dalamnya terdapat berbagai aspek.Selain untuk kepentingan pariwisata yang menyangkut perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaanserta kesejahteraan karyawan.Hotel tidak hanya bertujuan mencari keuntungan semata tetapi lebih dititik beratkan pada kepuasan tamu yang dating berkunjung baik untuk menginap maupun hanya menikmati fasilitas yang disediakan oleh hotel

Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan tamu hotel maka FB Service departement perlu meningkatkan pelayanan dalam bidang jasa maka harus dikelola secara professional agar tamu mendapat pelayanan yang semaksimal mungkin dari pihak hotel

Di dalam upaya membentuk tenaga yang professional telah banyak dibuka lembaga pendidikan kepariwisataan yang memiliki kompetisi professional dan mandiri di dalam pengembangan pariwisata nasional.

Denag dukungan pelaksaan On the Job Training dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang operasional hotel bertaraf internasional. Sehingga pengalaman ( experience) , pengetahuan (knowledge), Keahlian ( skill), tingkah laku baik ( good attitude), kesopanan ( courtesy ), yang diperoleh.dapat menjadi modal besar dadlam pembentukan tenaga professional di bidang perhotelan


  1. Profil Quality Hotel Yogyakarta

  1. Sejarah berdirinya Quality Hotel Yogyakarta

Quality Hotel Yogyakarta beralamat di Jalan Laksda Adisucipto no.48 Yogyakarta 55281 Po. Box 82 Indonesia Telepon ( 62- 274) 485005 Fax (62- 274) 489009, Email info @ Quality hotel jodja.com : www.Qualityhotelyogyakarta.com

Hotal ini memiliki letak yang strategis yaitu 3 km dari bandara Adi Sucipto dan 8 km dari pusat kota Yogykarta.Hoel ini bertaraf bintang empat. Ciri khas dari bangunan ini beraksitektur seperti Candi Prambanan.

Sebelumnya, Quality Hotel Memiliki Beberapa perubahan nama :

    1. 1991 – 1992

Belmont Prambanan Hotel (Bintang lima ) Under Puri Lestari indah Pratama

    1. 1992-1997

Aquila Prambanan Hotel ( Bintang lima ) Under Puri Lestari Indah Pratama.

    1. 1997 – 1998

Holiday In Yogyakarta ( Bintang Lima ) Under Bakrie Land Development Tbk.

    1. 12 Juli 1999

Quality Hotel Yogyakarta Under Choice.

    1. 23 Juli 2005

Quality Hotel Yogyakarta ( bintangh Empat ) PT. Griya Asri Hidup Abadi.


Awalnay kepemilikan hotel ini dipegang oleh PT.Puri Lestari Indah Pratama kemudian pada bulan mei 1995 PT.Puri Lestari Indah Pratama mengakuisisi 100% atas kepemilikan sahamnya kepada PT.Villa Del Sol.Kemudian pada bulan Mei 1997 Perseroan ini berganti nama menjadi PT.Bakrie Land Development Tbk.Pada bulan Desember 1998 mnajemen hotel diserahkan kepada Holiday Inn yang merupakan salah satu anak perusahaan PIC yang berpusat di Atlanta Georgia. Tepat pada tanggal 12 Juli 1999,Bakrie Land Development Tbk.mengalihkan pengelolaan manajemen kepada Choice Hotel internasional.Seiring berakhirnya masa Holiday Inn kemudian resmi di bawah naungan Choice Internasional, yaitu jaringan perhotelan terbesar di dunia dengan mengelola lebih dari 5000 (lima ribu) hotel, inn, suite, dan resort.

Choise Hotel internasional ini mempunyai brands yaitu :

  • Quality

  • Clarion

  • Econo Lodge

  • Mainstay suites

  • Con fort

  • Sleep in

  • Rode way inn

  • Inn


Hotel- hotel Indonesia yang berada di bawah manajemen Franchise antara lain :

  • Quality Hotel Yogyakarta

Jlan Laksda Adisucipto No. 48 Yogyakarta 55281 Indonesia

  • Quality Hotel Solo

Jlan Ahmad Yani No.40 Solo 57143 Jawa Tengah, Indonesia

  • Quality Hotel Jakarta

Jalan Pangeran Jayakarta No.70 Jakarta 10730 Indonesia



Quality Hotel Yogyakarta meniliki fasilitas- fasilitas yang cukup memadai 160 Deluxe Room , termasuk executve floor, 3 executive suites, 2 honey moon suites dari 1 Presiden suites dengan Jacuzzi. Sekarang ada beberapa kamar yang dirubah menjadi meetig room dan 20 kamar di ubah menjadi QMC ( temapat caraoke ). Semula kamar berjumlah 184 sekarang berjumlah 165 room.Setiap kamar dilengkapi dengan saluran TV, Satelit dan radio, Telephone, Video, CD , Lot, mini bar, tea/coffee water, AC, dan Private bath/shower.Sekarang juga terdapat Hot-Spot serta fasilitas lainnya yaitu :

  • Room Service memudahkan tamu hotel yang memerlukan makanan / minuman melalui telepon dan order akan diantar ke kamar

  • Serayu Chinese Restaurant, Yaitu speciality restaurant yang menyedikan hidangan khusus cina.

  • Kakatua Service Famili restaurant yaitu restaurant yang menyediakan makanan ala Indonesia dan Eropa serta dapat di fungsikan sebagai Coffee Shop.

  • Jogja Tei Resturant yaitu Specialty Restaurant yang menyediakan hidangan khas Jepang.

  • De pub yaitu fasilitas hotel yang terletak di lobby hotel dimana para tamu baik dari dalam ataupun luar hotel dapat menikmati berbagai makanan / minuman non alcohol hingga beralkhohol dengan iringan musik.

  • Banguet Section bagian dari fasilitas hotel yang menerima permintaan dari luar hotel. Seperti Wedding Party, Wisuda Party, Clarity dinner,Table Manner Carse, Meeting , Seminar dan sebagainya.

  • Kiddy Room tempat bermain untuk anak- anak.

  • Out Door Swimming Poll

  • Warm Spa dan Fitness Centre

  • Beauty Salon

  • Car Rental

  • Multi Lingual Hotel Staff

  • Guest History Program

  • Baby Sitting Service on Request

  • Daily Laundry dan Dry Cleaning Servise

  • Pelayanan Jasa Dokter 24 jam / stasiun

  • Air Line dan Train Ticketing

  • Valet dan Self Parking Facility

  • Shuttle Service to / From Malioboro Street

  • Tour and Travel Counter

  • Money Changer

  • Save Deposite Boxes, Tempat penyimpanan barang – barang berharga milik tamu.

  1. Misi dan Visi Quality Hotel Yogyakarta

  1. Misi

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan di Quality Hotel Yogyakarta , maka di buatlah it’s the exstra care that counts yaitu memberikan kepuasan kepada tamu dengan pelayanan terbaik sehingga tamu merasa betah dan nyaman selama tinggal di Quality Hotel Yogyakarta.

  1. Visi

Visi dari Quality Hotel Yogyakarta yaitu menjadikan nama Quality Hotel Yogyakarta di kenal semua orang baik dalam maupun luar negri.Serta memperthankan citra baik hotel yang memikili standar yang tinggi dengan pelayanan yang baik.

C. “It’s the Care That Caunts”

  1. Arti dan maksud “ it’s the care that counts”

It’s the care that counts adalah mission statement dan Choise Hotel Internasional yang mengandung arti yang sangat luas.Diantaranya dengan memberikan pelayanan lebih kepada tamu secara professional, tulus dan ikhlas agar tamu benar- benar puas dan nyaman tinggal di Quality Hotel Yogyakarta.

Motto “It’s the care that counts” di berlakukan bagi semua karyawan dan staff Quality Hotel Yogyakarta mulai General Manager ,Departement Head,Staff dan karyawan, Casual dan Training.

Dalam melaksanakan tugas sehari – harinya “It’s the care that counts” ditujukan kepada:

    1. Extra Care terdapat tamu atau customer

Extra Care terdapat tamu atau customer dapat diwujudkan dengan pelayanan yang optimal penuh dengan senyum dan keramahtamahan sehingga menjamin tamu yang menginap di hotel kita merasa puas.

    1. Extra Care terhadap Pemilik (owner)

Extra Care terhadap pemilik (owner) dapat diwujudkan dengan pelaksanaan management yang baik, bersih dan berwibawa didukung oleh karyawan yang rajin bekerja, disiplin, punya motivasi tinggi, sehingga target yang ditentukan dan dapat memberikan profit (GOP) yang setinggi-tingginya kepada pemilik (owner).

  1. Implikasi dan Aplikasi kalimat “It’s the Care That Counts”

Kalimat “It’s The Care That Counts”dapat dimengerti dalam operasional hotel meskipun mutlak dipergunakan sehari- hari.

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan “It’s The Care That Counts” antara lain:

  1. Kelebihan pelaksanaan “It’s The Care That Counts” yaitu :

    • Dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada tamu.Sehingga kenyamanan dan kepuasan dalam hal dapat di rasakan oleh tamu.

    • Kelancaran operasional hotel dapat berjalan dengan baik karena di dukung dengan koordinasi yang baik pula dan semangat ketrja yang tinggi sesame karyawan

    • Menciptakan suasana kerja yang menyenangkan antara management, staff dan karyawan .Kesejahteraan karyawan meningkat dengan tercapainya target perusahaan.

    • Adanya saling menghormati dan menghargai antara karyawan akan tercapai suasana kerja yang harmonis.

  2. Pelaksanaan pelaksanaan “It’s The care That Counts” yaitu :

  • Tidak jarang ditemui karyawan yang tidak kooperatif terhadap sesame karyawan sehingga mengurangi keprofesionalan di dalam bekerja

  • Terkadang ada komplain dari tamu karena kurangnya perhatian dalam memberikan pelayanan dari pihak hotel





















BAB II

ISI


  1. FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT QUALITY HOTEL YOGYAKARTA

    1. Struktur Organisasi Food and Beverge Service Department

Director of F & B



Secretary of F & B



F & B Service Manager


Banguet Coordinator




Kakatua’s Family Restaurant

Serayu Chinese Restaurant

Jogja Tei Restaurant

F & B Chasier

Neo de pud




Supervisor Bartender

Supervisor


Supervisor

Supervisor



Captain

Captain

Captain

Captain

Cashier

Captain



Waiter / waiterss

Waiter / waiterss

Waiter / waiterss

Waiter / waiterss

Waiter / waiterss





Casual / Trainee

Casual / Trainee

Casual / Trainee

Casual / Trainee

Casual / Trainee





    1. Food dan beverage Service Departement

Food and beverage Departement merupakan bagian dari Food and beverage department yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal penyajian makana untuk para tamu yang telah di siapkanoleh food and beverage product.

Berbagai usaha yang dilaksanakan di hotel yang berhubungan dengan Food and Beverage Servise Departement antara lain : Main Dinning Room, Coffee shop, Speciality Restaurant, Bar Discotique, Snack bar / poolterrace, Room Service, Catering, Banquet, super club,Pastri shop,Mini Bar, Dim-sum, dan event- event lain.

Beberapa fasilitas penunjang operasional food and baverage servise department di Quality Hotel Yogyakarta ,yaitu :

  1. Kakatua’s Family Restaurant (KFR)

Coffee shop bertaraf internasional yang menyediakan berbagai menu breakfast, Lunch dan dinner baik secara ala carte maupun buffet.Restaurant ini memiliki kapasitas 65 pax. Jam buka mulai 06.00 am – 12.00 pm ,dan juga melayani Room Service selama 24 jam.

  1. jogja Tei Restaurant.

Ini adalah tempat yang menyediakan masakan – masakan ala jepang.Jam operasionalnya mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

    • Menu untuk makan siang : 10.00 – 15.00 WIB

Harga lebih murah dan macam makanannya lebih sedikit.

    • Menu untuk sore 18.00 – 22.00

Harga lebih mahal daripada menu untuk siang karena variasi makanan lebih lengkap dan banyak.

Selain itu ada pula 2 menu yang di tawarkan yaitu :

    • Menu Teppan Yaki ( the Favorite mrnu of Jogja Tei )

    • Masakan langsung dimasak di depan tamu

    • Menu ala Carte

  1. Neo the Pub

Merupakan satu- satunya bar di Quality Hotel Yogyakarta yang menyediakan pelayanan aneka makanan / minuman sampai menuman yang berakhohol.Neo the Pub juga menyediakan Lonh Live Music dilengkapi arena Bilyard ,jam buka 11.00 – midnight dan memiliki kapasitas 100 pax.

  1. Banguet service

Merupakan section yang menangani acara – acara dan meeting room seperti wedding party,birthday party,table manner course,wisuda, meeting, seminar, dinner, dan event – event lainnya.Semua acara di selenggarakan di Banguet merupakan tanggung jawab Banguet Service.Section ini memiliki fungsi antara lain :

Nama

Lokasi

Kapasitas

Kalasan Ball Room

Basement

500 pax

Kalasan Ball Room I

Basement

240 pax

Klasan Ball Room II

Basement

240 pax

Boko

Lantai 2

75 pax

Plaosan

Lantai 2

45 pax

Gebang

Lantai 2

40 pax

Sambisari

Lantai 2

100 pax

Sambisari I

Lantai 2

60 pax

Sambisari II

Lantai 2

40 pax

Sewu Bood Room

Lantai 2

25 pax

Outdoor Gazebo

Lantai 4

40 pax

Poolside




  1. Serayu Chinese Restaurant

Speciality Restaurant yang menyediakan pelayanan masakan Cina mulai dari appetizer sampai dessert. Restaurant ini menyajikan aneka masakan Cina dan sajian fresh fish yang dimasak dengan aneka saus ala Chinese (Cantonese dan Szechuan oleh chef-chef yang professional dalam periode tertentu selalu menampilkan menu promotion andalan dan bervariasi yang diminati oleh para tamu.m Sekarang ada menu baru Dim-Sum yang mulai ada pada bulan Maret-Mei (promo) Restaurant ini buka 07.00 am-i6.00 pm dan memiliki kapasitas 102 pax termasuk 3 privat room yang terdiri 5 large round table, 4 medium, 7 small.

Adapun peralatan dan perlengkapan penunjang operasional di Serayu Chinese Restaurant adalah sebagai berikut :

    1. China ware

Merupakan peralatan yang dibuat dari keramik/porselin antara lain : soucer, soup cup, rice bowl, soup bowl, tea cup, soya dish, chili dish, tea pot, soya pot, oval plate (S.M.L), dinner plate,duck spoon, astray, chop stick holder.

    1. Silver Ware

Merupakan peralatan yang terbuat dari perak maupun stainless stell.Silver Ware yang biasa di gunakan antara lain : Dessert spoon, dessert fork, serving fork, ice tangs, crab tong.

    1. Glass Ware

Merupakan peralatan yang digunakan dalam penyajian minuman, contohnya : water goblet, high ball glass, spices glass, pilsener glass.

    1. Peralatan lainnya yang digunakan adalah soup ledle,chip stick, ware pitcher,tray, salt & paper shaker, line table-cloth,cover chair, napkin, hand towel ( oshibory ) ,lazy susan.


    1. Bagian –bagian yang terkait dalam Food and Beverage Service Departement

      • Kitchen

Pada dasarnya restaurant berhubungan dengan kitchen ,sebab semua pesanan makanan dibuat di kitchen, sehingga cepat atau lambat,puas atau tidaknya pelayanan makanan sangat di pengaruhi oleh bagian kitchen.

  • Bar

Setiap minuman dari yang tidak mengandung alkhohol (non alcoholic ) atau soft drink sampai kepada yang berakhohol diambil dari bar kecuali juice diambil dari pantry.

  • Steward

Tempat pengadaan peralatan baik untuk operasional restaurant seperti plate, glass, spoon, knife, fork dan sebagainya juga mencuci alat – alat kotor setelah dipakai adalah tugas steward.

  • Cashier

Cashier adalah karyawan yang memberikan bill tamu dan menerima uang pembayaran dari tamu dan yang menyediakan bill

  • Accounting

Semua pembayaran gaji, uang service,bonus, tunjangan, transport akomodasi dan lain lain dip roses di accounting.

  • House Keeping Departement

Bagian yang tugasnya membersihkan area, Mengelap kaca,Dekorasi ruangan, urusan bunga serta keperluan linen.

  • Laundry

Tempat pengadaan uniform, towel, napkins, table cloth

  • Front Office

Merupakan sumber informasi tentang operasional hotel secara keseluruhan.

  • Engineering

Perbaikan peralatan yang digunakan, juga dalam hal dekorasi lampu, urusan AC , telephone adlah tugas dari engineering.

  • Purchasing

Bahan- bahan mentah untuk keperluan kitchen atau restaurant dan alat – alat untuk keperluan sehari- hari yang membeli adalah purchasing.

  • Storing

Semua barang yang dibeli purchasing agar tahan lama dan dapat di atur penggunaannya di simpan oleh bagian storing


    1. Sistem Komunikasi

Komunikasi adalah sebuah kunci yang sangat menentukan operasional sebuah department, kerjasama yang baik dapat terbentuk karena komunikasi yang baik contohnya dengan memberikan informasi sejelas- jelasnya , tidak langsung cara yang efektif adalah menulis informasi di communication book atau lock book, maupun di blackboard masing- masing outlet.Penyampaian informasi itupun harus jelas, di maksudkan agar tidak terjadi misscomunication dalam bekerja.Karena komunikasi berperan sangat penting dalam sukses tidaknya suatu event.


  1. Tugas sehari- hari yang dilakukan oleh :

    1. mempersiapkan peralatan yang akan digunakan.

  1. Polish ( water goblet, high ball glass,cutleries)

  2. Mempersiapkan cutleries yang berupa spoon, fork, serving spoon, dan serving fork.

  3. Mengecek persediaan table cloth

  4. Melipat dan memasang napkins

  5. Mengecek semua meja dan kursi sesuai layout

  6. Melengkapi dan membetulkan set-up yang terdiri dari saocer, tea cup ,soya dish,chop stick, stand chop stick, duck spoon, dan napkin.

  7. Menyediakan Chinese tea pot, kemudian menbuat seduhan the.

  8. Menyiapkan condiment yang terdiri dari kacang (peanuts) .acar, chili sauce, chop chili dan soya.

Jaga Dim-Sum

  1. Menjaga dim-sum yang didisplay di depan yang tempatnya berada di lobby.

  2. Melayani pemesanan dim-sum (box,lobby, room )

  3. Menyambut tamu

Menyambut tamu dan melakuakn service ,yaitu :

  • First Greeting

Memberikan salam kepada tamu.

  • Escorting the Guest

Mengantar dan membantu tamu dalam memilih mejanya

  • Un Folding Napkin

Menarikkan kursi bagi tamu, tamu wanita lebih diutamakan kemuadian tamu pria ,dan mempersilahkan duduk.

  • Give to the Guest Menu List

Memberikan daftar makanan dan minuman.Biarkan tamu sejenak untuk memilih makanan dan minuman yang dikehendaki.

  • Taking Order

      • Stelah tamu siap,kita lakukan taking order dan membantu tamu dalam memilih menu

      • Mencatat menu yang ditentukan tamu pada kertas yang telah disiapkan.

      • Mengulang pesanan tamu untuk meyakinkan dan menghindari kesalahan dalam pebulisan pesanan.

      • Memindahkan tulisan yang berisi pesanan tamu ke captain order ,Lembar 1 untuk chasier, lembar 2 untuk kitchen.

      • Membuat condiment ( peanuts, chilisauce, chop chili dengan soya, acar) china tea dan cold ashibary ( handuk untuk mengelap tangan)

      • Passing the Order

      • Menyerahkan pesanan makanan ke kithen, pesanan minuman ke pantry atau bar.

      • Minuman tersebut akan disajikan bersamaan dengan condiment

      • Mengambil setting jika ada kelebihan, agar meja tidak terlalu penuh.

      • Serving Urutannya

        1. Soup

      • Untuk satu meja lebih dari 4 orang dapat di sajikan dengan soup bowl kemudian waiter/waiterss dapat membagikannya ke dalam soup cup yang telah di sediakan daiats lazy susan(kaca bulat yang diletakkan diat

        LAPORAN ON THE JOB TRAINING



        FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTEMENT

        SERAYU CHINESE RESTAURANT

        QUALITY HOTEL YOGYAKARTA











        Disusun oleh:

        HARIYO SUKOCO



        PERHOTELAN

        BP3 “DUTA PERSADA”

        Jalan Ibu Ruswo 55.2nd Yudonegaran , Yogyakarta

        2007






        LAPORAN ON THE JOB TRAINING



        FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTEMENT

        SERAYU CHINESE RESTAURANT

        QUALITY HOTEL YOGYAKARTA











        Disusun oleh:

        HARIYO SUKOCO



        PERHOTELAN

        BP3 “DUTA PERSADA”

        Jalan Ibu Ruswo 55.2nd Yudonegaran , Yogyakarta

        2007




        LEMBAR PENGESAHAN


        Judul Laporan : Laporan On the Job Training di Serayu Chinese Restaurant

        Jurusan : Perhotelan

        Tempat On The Job Training : Quality Hotel Yogyakarta

        Periode : 3 bulan ( 1 Oktober – 31 Desember 2007)




        Disusun oleh:

        HARIYO SUKOCO



        Telah Disetujui dan Diterima dengan baik :

        Yogyakarta , Desember 2007




        Serayu Supervisor Training Koordinator



        Rina Krisnawati Ira Pitrawati


        Mengetahui

        F & B Servise Manager


        Budi Santoso



        MOTTO


      • Jadilah dirimu sendiri

      • Lakukan yang terbaik buat dirimu dan orang lain

      • Pengalaman adalah guru terbaik

      • Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

      • Sahabat adalah orang dimana dia ada disaat kita senang ataupun duka

      • Waktu adalah uang























PERSEMBAHAN

Laporan ini , saya persembahkan kepada :

  • Alloh SWT

  • Orang tua saya tercinta

  • Pembimbing- pembimbingku

  • Teman-teman seperjuangan

  • Orang – orang yang sangat berarti dalam hidupku

























KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Alloh SWT, karma berkat limpahan rahmad, hidayah serta inayahnya saya dapat menyelesaikan On The Job Training di Quality Hotel Yogyakarta.Sekaligus dapat menyelesaikan pembutan laopran ini.

Selama proses penyusunan laporan ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan dan penulisan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan. Penulis mendapat banyak masukan dan bantuan baik secara moral maupun spiritual serta bimbingan, pengarahan yang bermanfaat dari berbagai pihak.

Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih sebesar- besarnya kepada :

  1. Alloh SWT

  2. H.Istijab M.Danunagoro, selaku General manager Quality Hotel Yogyakarta

  3. Ibu Deppy Meylina, selaku Directur of Food and Beverage

  4. Bapak Budi Santoso, selaku Service manager of Food and Beverage

  5. Ibu Doria Mahfoed, selaku HRD Manager

  6. Ibu Ira Pitrawati, Selaku Training Koordinator

  7. Seluruh staff Serayu Chinese restaurant yang telah membimbing , membantu, dan membina saya selama On the Job Training

  8. Seluruh staff serta trainer dari berbagai daerah

  9. Orang tua saya dan Bapak Ibu dari teman- teman dari Duta Persada Yogyakarta yang telah memberi dukungan

  10. Serata semua pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan ini.

Demikian yang dapat penulis sampaikan.Semoga laporan ini bermanfaat dan dapat dijadikan acuan bagi pihak yang membutuhkan.


Yogyakarta, Desember 2007



Penulis

DAFTAR ISI

  1. Halaman Judul……………………………………………………

  2. Lembar Pengesahan………………………………………………

  3. Motto……………………………………………………………..

  4. Persembahan……………………………………………………..

  5. Kata Pengantar……………………………………………………

  6. Daftar Isi………………………………………………………....

  7. Bab I Pendahuluan

  1. Latar Belakang……………………………………………….

  2. Profil Quality Hotel Yogyakarta……………………………..

  3. “It’s the Care That Counts”…………………………………

  1. Bab II Isi

  1. Food and beverage department quality hotel Yogyakarta…..

  2. Tugas sehari- hari yang dilakukan………………………….

  3. Manfaat Setelah Melaksanakan On the Job

Training di Quality Hotel Yogyakarta……………………..

  1. Bab III Penutup

  1. Kesimpulan………………………………………………..

  2. Saran………………………………………………………












BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dunia pariwisata di Indonesia kini semakin berkembang, hal ini dibuktikn dengan adanya peranan yang nyata dalam memberikan kontruksinya terhadap kehidupan ekonomi, social, budaya, dan politik, kesempatan kerja di dunia makin bertambah. Tidak hanya bagi orang- orang yang terampil tetapi bagi orang yang berpengalaman. Di dunia ini membutuhkan SDM yang berkualitas untuk melancarkan komponen – komponen yang ada di dalam pariwisata.

Dalam pembangunan dunia pariwisata juga harus di tunjang dengan tersedianya fasilitas- fasilitas seperti : akomodasi, restaurant, transportasi dan fasilitas- fasilitas lainnya yang dibutuhkan oleh tamu atau wisatawan. Hotel yang termsuk fasilitas akomodasi merupakan salah satu bentuk perusahaan yang menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serat fasilitas lainnya yang telah dikelola secara komersial

Hotel secara investasi yang bergerak di bidang jasa yang di dalamnya terdapat berbagai aspek.Selain untuk kepentingan pariwisata yang menyangkut perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaanserta kesejahteraan karyawan.Hotel tidak hanya bertujuan mencari keuntungan semata tetapi lebih dititik beratkan pada kepuasan tamu yang dating berkunjung baik untuk menginap maupun hanya menikmati fasilitas yang disediakan oleh hotel

Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan tamu hotel maka FB Service departement perlu meningkatkan pelayanan dalam bidang jasa maka harus dikelola secara professional agar tamu mendapat pelayanan yang semaksimal mungkin dari pihak hotel

Di dalam upaya membentuk tenaga yang professional telah banyak dibuka lembaga pendidikan kepariwisataan yang memiliki kompetisi professional dan mandiri di dalam pengembangan pariwisata nasional.

Denag dukungan pelaksaan On the Job Training dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang operasional hotel bertaraf internasional. Sehingga pengalaman ( experience) , pengetahuan (knowledge), Keahlian ( skill), tingkah laku baik ( good attitude), kesopanan ( courtesy ), yang diperoleh.dapat menjadi modal besar dadlam pembentukan tenaga professional di bidang perhotelan


  1. Profil Quality Hotel Yogyakarta

  1. Sejarah berdirinya Quality Hotel Yogyakarta

Quality Hotel Yogyakarta beralamat di Jalan Laksda Adisucipto no.48 Yogyakarta 55281 Po. Box 82 Indonesia Telepon ( 62- 274) 485005 Fax (62- 274) 489009, Email info @ Quality hotel jodja.com : www.Qualityhotelyogyakarta.com

Hotal ini memiliki letak yang strategis yaitu 3 km dari bandara Adi Sucipto dan 8 km dari pusat kota Yogykarta.Hoel ini bertaraf bintang empat. Ciri khas dari bangunan ini beraksitektur seperti Candi Prambanan.

Sebelumnya, Quality Hotel Memiliki Beberapa perubahan nama :

    1. 1991 – 1992

Belmont Prambanan Hotel (Bintang lima ) Under Puri Lestari indah Pratama

    1. 1992-1997

Aquila Prambanan Hotel ( Bintang lima ) Under Puri Lestari Indah Pratama.

    1. 1997 – 1998

Holiday In Yogyakarta ( Bintang Lima ) Under Bakrie Land Development Tbk.

    1. 12 Juli 1999

Quality Hotel Yogyakarta Under Choice.

    1. 23 Juli 2005

Quality Hotel Yogyakarta ( bintangh Empat ) PT. Griya Asri Hidup Abadi.


Awalnay kepemilikan hotel ini dipegang oleh PT.Puri Lestari Indah Pratama kemudian pada bulan mei 1995 PT.Puri Lestari Indah Pratama mengakuisisi 100% atas kepemilikan sahamnya kepada PT.Villa Del Sol.Kemudian pada bulan Mei 1997 Perseroan ini berganti nama menjadi PT.Bakrie Land Development Tbk.Pada bulan Desember 1998 mnajemen hotel diserahkan kepada Holiday Inn yang merupakan salah satu anak perusahaan PIC yang berpusat di Atlanta Georgia. Tepat pada tanggal 12 Juli 1999,Bakrie Land Development Tbk.mengalihkan pengelolaan manajemen kepada Choice Hotel internasional.Seiring berakhirnya masa Holiday Inn kemudian resmi di bawah naungan Choice Internasional, yaitu jaringan perhotelan terbesar di dunia dengan mengelola lebih dari 5000 (lima ribu) hotel, inn, suite, dan resort.

Choise Hotel internasional ini mempunyai brands yaitu :

  • Quality

  • Clarion

  • Econo Lodge

  • Mainstay suites

  • Con fort

  • Sleep in

  • Rode way inn

  • Inn


Hotel- hotel Indonesia yang berada di bawah manajemen Franchise antara lain :

  • Quality Hotel Yogyakarta

Jlan Laksda Adisucipto No. 48 Yogyakarta 55281 Indonesia

  • Quality Hotel Solo

Jlan Ahmad Yani No.40 Solo 57143 Jawa Tengah, Indonesia

  • Quality Hotel Jakarta

Jalan Pangeran Jayakarta No.70 Jakarta 10730 Indonesia



Quality Hotel Yogyakarta meniliki fasilitas- fasilitas yang cukup memadai 160 Deluxe Room , termasuk executve floor, 3 executive suites, 2 honey moon suites dari 1 Presiden suites dengan Jacuzzi. Sekarang ada beberapa kamar yang dirubah menjadi meetig room dan 20 kamar di ubah menjadi QMC ( temapat caraoke ). Semula kamar berjumlah 184 sekarang berjumlah 165 room.Setiap kamar dilengkapi dengan saluran TV, Satelit dan radio, Telephone, Video, CD , Lot, mini bar, tea/coffee water, AC, dan Private bath/shower.Sekarang juga terdapat Hot-Spot serta fasilitas lainnya yaitu :

  • Room Service memudahkan tamu hotel yang memerlukan makanan / minuman melalui telepon dan order akan diantar ke kamar

  • Serayu Chinese Restaurant, Yaitu speciality restaurant yang menyedikan hidangan khusus cina.

  • Kakatua Service Famili restaurant yaitu restaurant yang menyediakan makanan ala Indonesia dan Eropa serta dapat di fungsikan sebagai Coffee Shop.

  • Jogja Tei Resturant yaitu Specialty Restaurant yang menyediakan hidangan khas Jepang.

  • De pub yaitu fasilitas hotel yang terletak di lobby hotel dimana para tamu baik dari dalam ataupun luar hotel dapat menikmati berbagai makanan / minuman non alcohol hingga beralkhohol dengan iringan musik.

  • Banguet Section bagian dari fasilitas hotel yang menerima permintaan dari luar hotel. Seperti Wedding Party, Wisuda Party, Clarity dinner,Table Manner Carse, Meeting , Seminar dan sebagainya.

  • Kiddy Room tempat bermain untuk anak- anak.

  • Out Door Swimming Poll

  • Warm Spa dan Fitness Centre

  • Beauty Salon

  • Car Rental

  • Multi Lingual Hotel Staff

  • Guest History Program

  • Baby Sitting Service on Request

  • Daily Laundry dan Dry Cleaning Servise

  • Pelayanan Jasa Dokter 24 jam / stasiun

  • Air Line dan Train Ticketing

  • Valet dan Self Parking Facility

  • Shuttle Service to / From Malioboro Street

  • Tour and Travel Counter

  • Money Changer

  • Save Deposite Boxes, Tempat penyimpanan barang – barang berharga milik tamu.

  1. Misi dan Visi Quality Hotel Yogyakarta

  1. Misi

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan di Quality Hotel Yogyakarta , maka di buatlah it’s the exstra care that counts yaitu memberikan kepuasan kepada tamu dengan pelayanan terbaik sehingga tamu merasa betah dan nyaman selama tinggal di Quality Hotel Yogyakarta.

  1. Visi

Visi dari Quality Hotel Yogyakarta yaitu menjadikan nama Quality Hotel Yogyakarta di kenal semua orang baik dalam maupun luar negri.Serta memperthankan citra baik hotel yang memikili standar yang tinggi dengan pelayanan yang baik.

C. “It’s the Care That Caunts”

  1. Arti dan maksud “ it’s the care that counts”

It’s the care that counts adalah mission statement dan Choise Hotel Internasional yang mengandung arti yang sangat luas.Diantaranya dengan memberikan pelayanan lebih kepada tamu secara professional, tulus dan ikhlas agar tamu benar- benar puas dan nyaman tinggal di Quality Hotel Yogyakarta.

Motto “It’s the care that counts” di berlakukan bagi semua karyawan dan staff Quality Hotel Yogyakarta mulai General Manager ,Departement Head,Staff dan karyawan, Casual dan Training.

Dalam melaksanakan tugas sehari – harinya “It’s the care that counts” ditujukan kepada:

    1. Extra Care terdapat tamu atau customer

Extra Care terdapat tamu atau customer dapat diwujudkan dengan pelayanan yang optimal penuh dengan senyum dan keramahtamahan sehingga menjamin tamu yang menginap di hotel kita merasa puas.

    1. Extra Care terhadap Pemilik (owner)

Extra Care terhadap pemilik (owner) dapat diwujudkan dengan pelaksanaan management yang baik, bersih dan berwibawa didukung oleh karyawan yang rajin bekerja, disiplin, punya motivasi tinggi, sehingga target yang ditentukan dan dapat memberikan profit (GOP) yang setinggi-tingginya kepada pemilik (owner).

  1. Implikasi dan Aplikasi kalimat “It’s the Care That Counts”

Kalimat “It’s The Care That Counts”dapat dimengerti dalam operasional hotel meskipun mutlak dipergunakan sehari- hari.

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan “It’s The Care That Counts” antara lain:

  1. Kelebihan pelaksanaan “It’s The Care That Counts” yaitu :

    • Dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada tamu.Sehingga kenyamanan dan kepuasan dalam hal dapat di rasakan oleh tamu.

    • Kelancaran operasional hotel dapat berjalan dengan baik karena di dukung dengan koordinasi yang baik pula dan semangat ketrja yang tinggi sesame karyawan

    • Menciptakan suasana kerja yang menyenangkan antara management, staff dan karyawan .Kesejahteraan karyawan meningkat dengan tercapainya target perusahaan.

    • Adanya saling menghormati dan menghargai antara karyawan akan tercapai suasana kerja yang harmonis.

  2. Pelaksanaan pelaksanaan “It’s The care That Counts” yaitu :

  • Tidak jarang ditemui karyawan yang tidak kooperatif terhadap sesame karyawan sehingga mengurangi keprofesionalan di dalam bekerja

  • Terkadang ada komplain dari tamu karena kurangnya perhatian dalam memberikan pelayanan dari pihak hotel





















BAB II

ISI


  1. FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT QUALITY HOTEL YOGYAKARTA

    1. Struktur Organisasi Food and Beverge Service Department

Director of F & B



Secretary of F & B



F & B Service Manager


Banguet Coordinator




Kakatua’s Family Restaurant

Serayu Chinese Restaurant

Jogja Tei Restaurant

F & B Chasier

Neo de pud




Supervisor Bartender

Supervisor


Supervisor

Supervisor



Captain

Captain

Captain

Captain

Cashier

Captain



Waiter / waiterss

Waiter / waiterss

Waiter / waiterss

Waiter / waiterss

Waiter / waiterss





Casual / Trainee

Casual / Trainee

Casual / Trainee

Casual / Trainee

Casual / Trainee





    1. Food dan beverage Service Departement

Food and beverage Departement merupakan bagian dari Food and beverage department yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal penyajian makana untuk para tamu yang telah di siapkanoleh food and beverage product.

Berbagai usaha yang dilaksanakan di hotel yang berhubungan dengan Food and Beverage Servise Departement antara lain : Main Dinning Room, Coffee shop, Speciality Restaurant, Bar Discotique, Snack bar / poolterrace, Room Service, Catering, Banquet, super club,Pastri shop,Mini Bar, Dim-sum, dan event- event lain.

Beberapa fasilitas penunjang operasional food and baverage servise department di Quality Hotel Yogyakarta ,yaitu :

  1. Kakatua’s Family Restaurant (KFR)

Coffee shop bertaraf internasional yang menyediakan berbagai menu breakfast, Lunch dan dinner baik secara ala carte maupun buffet.Restaurant ini memiliki kapasitas 65 pax. Jam buka mulai 06.00 am – 12.00 pm ,dan juga melayani Room Service selama 24 jam.

  1. jogja Tei Restaurant.

Ini adalah tempat yang menyediakan masakan – masakan ala jepang.Jam operasionalnya mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

    • Menu untuk makan siang : 10.00 – 15.00 WIB

Harga lebih murah dan macam makanannya lebih sedikit.

    • Menu untuk sore 18.00 – 22.00

Harga lebih mahal daripada menu untuk siang karena variasi makanan lebih lengkap dan banyak.

Selain itu ada pula 2 menu yang di tawarkan yaitu :

    • Menu Teppan Yaki ( the Favorite mrnu of Jogja Tei )

    • Masakan langsung dimasak di depan tamu

    • Menu ala Carte

  1. Neo the Pub

Merupakan satu- satunya bar di Quality Hotel Yogyakarta yang menyediakan pelayanan aneka makanan / minuman sampai menuman yang berakhohol.Neo the Pub juga menyediakan Lonh Live Music dilengkapi arena Bilyard ,jam buka 11.00 – midnight dan memiliki kapasitas 100 pax.

  1. Banguet service

Merupakan section yang menangani acara – acara dan meeting room seperti wedding party,birthday party,table manner course,wisuda, meeting, seminar, dinner, dan event – event lainnya.Semua acara di selenggarakan di Banguet merupakan tanggung jawab Banguet Service.Section ini memiliki fungsi antara lain :

Nama

Lokasi

Kapasitas

Kalasan Ball Room

Basement

500 pax

Kalasan Ball Room I

Basement

240 pax

Klasan Ball Room II

Basement

240 pax

Boko

Lantai 2

75 pax

Plaosan

Lantai 2

45 pax

Gebang

Lantai 2

40 pax

Sambisari

Lantai 2

100 pax

Sambisari I

Lantai 2

60 pax

Sambisari II

Lantai 2

40 pax

Sewu Bood Room

Lantai 2

25 pax

Outdoor Gazebo

Lantai 4

40 pax

Poolside




  1. Serayu Chinese Restaurant

Speciality Restaurant yang menyediakan pelayanan masakan Cina mulai dari appetizer sampai dessert. Restaurant ini menyajikan aneka masakan Cina dan sajian fresh fish yang dimasak dengan aneka saus ala Chinese (Cantonese dan Szechuan oleh chef-chef yang professional dalam periode tertentu selalu menampilkan menu promotion andalan dan bervariasi yang diminati oleh para tamu.m Sekarang ada menu baru Dim-Sum yang mulai ada pada bulan Maret-Mei (promo) Restaurant ini buka 07.00 am-i6.00 pm dan memiliki kapasitas 102 pax termasuk 3 privat room yang terdiri 5 large round table, 4 medium, 7 small.

Adapun peralatan dan perlengkapan penunjang operasional di Serayu Chinese Restaurant adalah sebagai berikut :

    1. China ware

Merupakan peralatan yang dibuat dari keramik/porselin antara lain : soucer, soup cup, rice bowl, soup bowl, tea cup, soya dish, chili dish, tea pot, soya pot, oval plate (S.M.L), dinner plate,duck spoon, astray, chop stick holder.

    1. Silver Ware

Merupakan peralatan yang terbuat dari perak maupun stainless stell.Silver Ware yang biasa di gunakan antara lain : Dessert spoon, dessert fork, serving fork, ice tangs, crab tong.

    1. Glass Ware

Merupakan peralatan yang digunakan dalam penyajian minuman, contohnya : water goblet, high ball glass, spices glass, pilsener glass.

    1. Peralatan lainnya yang digunakan adalah soup ledle,chip stick, ware pitcher,tray, salt & paper shaker, line table-cloth,cover chair, napkin, hand towel ( oshibory ) ,lazy susan.


    1. Bagian –bagian yang terkait dalam Food and Beverage Service Departement

      • Kitchen

Pada dasarnya restaurant berhubungan dengan kitchen ,sebab semua pesanan makanan dibuat di kitchen, sehingga cepat atau lambat,puas atau tidaknya pelayanan makanan sangat di pengaruhi oleh bagian kitchen.

  • Bar

Setiap minuman dari yang tidak mengandung alkhohol (non alcoholic ) atau soft drink sampai kepada yang berakhohol diambil dari bar kecuali juice diambil dari pantry.

  • Steward

Tempat pengadaan peralatan baik untuk operasional restaurant seperti plate, glass, spoon, knife, fork dan sebagainya juga mencuci alat – alat kotor setelah dipakai adalah tugas steward.

  • Cashier

Cashier adalah karyawan yang memberikan bill tamu dan menerima uang pembayaran dari tamu dan yang menyediakan bill

  • Accounting

Semua pembayaran gaji, uang service,bonus, tunjangan, transport akomodasi dan lain lain dip roses di accounting.

  • House Keeping Departement

Bagian yang tugasnya membersihkan area, Mengelap kaca,Dekorasi ruangan, urusan bunga serta keperluan linen.

  • Laundry

Tempat pengadaan uniform, towel, napkins, table cloth

  • Front Office

Merupakan sumber informasi tentang operasional hotel secara keseluruhan.

  • Engineering

Perbaikan peralatan yang digunakan, juga dalam hal dekorasi lampu, urusan AC , telephone adlah tugas dari engineering.

  • Purchasing

Bahan- bahan mentah untuk keperluan kitchen atau restaurant dan alat – alat untuk keperluan sehari- hari yang membeli adalah purchasing.

  • Storing

Semua barang yang dibeli purchasing agar tahan lama dan dapat di atur penggunaannya di simpan oleh bagian storing


    1. Sistem Komunikasi

Komunikasi adalah sebuah kunci yang sangat menentukan operasional sebuah department, kerjasama yang baik dapat terbentuk karena komunikasi yang baik contohnya dengan memberikan informasi sejelas- jelasnya , tidak langsung cara yang efektif adalah menulis informasi di communication book atau lock book, maupun di blackboard masing- masing outlet.Penyampaian informasi itupun harus jelas, di maksudkan agar tidak terjadi misscomunication dalam bekerja.Karena komunikasi berperan sangat penting dalam sukses tidaknya suatu event.


  1. Tugas sehari- hari yang dilakukan oleh :

    1. mempersiapkan peralatan yang akan digunakan.

  1. Polish ( water goblet, high ball glass,cutleries)

  2. Mempersiapkan cutleries yang berupa spoon, fork, serving spoon, dan serving fork.

  3. Mengecek persediaan table cloth

  4. Melipat dan memasang napkins

  5. Mengecek semua meja dan kursi sesuai layout

  6. Melengkapi dan membetulkan set-up yang terdiri dari saocer, tea cup ,soya dish,chop stick, stand chop stick, duck spoon, dan napkin.

  7. Menyediakan Chinese tea pot, kemudian menbuat seduhan the.

  8. Menyiapkan condiment yang terdiri dari kacang (peanuts) .acar, chili sauce, chop chili dan soya.

Jaga Dim-Sum

  1. Menjaga dim-sum yang didisplay di depan yang tempatnya berada di lobby.

  2. Melayani pemesanan dim-sum (box,lobby, room )

  3. Menyambut tamu

Menyambut tamu dan melakuakn service ,yaitu :

  • First Greeting

Memberikan salam kepada tamu.

  • Escorting the Guest

Mengantar dan membantu tamu dalam memilih mejanya

  • Un Folding Napkin

Menarikkan kursi bagi tamu, tamu wanita lebih diutamakan kemuadian tamu pria ,dan mempersilahkan duduk.

  • Give to the Guest Menu List

Memberikan daftar makanan dan minuman.Biarkan tamu sejenak untuk memilih makanan dan minuman yang dikehendaki.

  • Taking Order

      • Stelah tamu siap,kita lakukan taking order dan membantu tamu dalam memilih menu

      • Mencatat menu yang ditentukan tamu pada kertas yang telah disiapkan.

      • Mengulang pesanan tamu untuk meyakinkan dan menghindari kesalahan dalam pebulisan pesanan.

      • Memindahkan tulisan yang berisi pesanan tamu ke captain order ,Lembar 1 untuk chasier, lembar 2 untuk kitchen.

      • Membuat condiment ( peanuts, chilisauce, chop chili dengan soya, acar) china tea dan cold ashibary ( handuk untuk mengelap tangan)

      • Passing the Order

      • Menyerahkan pesanan makanan ke kithen, pesanan minuman ke pantry atau bar.

      • Minuman tersebut akan disajikan bersamaan dengan condiment

      • Mengambil setting jika ada kelebihan, agar meja tidak terlalu penuh.

      • Serving Urutannya

        1. Soup

      • Untuk satu meja lebih dari 4 orang dapat di sajikan dengan soup bowl kemudian waiter/waiterss dapat membagikannya ke dalam soup cup yang telah di sediakan daiats lazy susan(kaca bulat yang diletakkan diatas meja).Jika kurang dari 4 waiter/ waitress dapat membawa soup cup yang di letakkan di tray.

      • Setelah tamu selesai makan, waiter / waiterss mengclear –up soup cup,saucer, duck spoon dan memberikan saucer yang baru.

        1. Cold dish dan main Caurse

      • Ketika tamu menikmati makanan nya sesekali waiter/ waiterss mengecek piring – piring kosong kemudian mengangkatnya .Menuangkan china tea pada tea cup yang kosong. Meng clear-up gelas kosong dan menawarkan kembali apakah tamu ingin menambah minumannya apa tidak.

      • Setalah tamu selesai makan waiter/waiterss meng clear-up semuanya kecuali tea cup dan tea pot.

      • Offering Dessert

      • Menawarkan makanan penutup ( ice cream, pudding mix fruits, longan tofu)]

      • Mengirimkan pesanan ke pantry agar dibuatkan pesanannya.

      • Menyiapkan peralatan service sesuai dessertnya

      • Mengambil dessert ke pantry dan menyajikannya pada tamu.

      • Coffee or Tea

Setelah dessert ditawarkan pada tamu apakah menghendaki coffee dan tea

  • Billing

  • Pembayaran dilakukan di cashier dengan hanya tanda tangan menuliskan nomor kamar dan nomor.Itu berarti tamu ingin membayar bersama pemakaian fasilitas lainnya dan membayar pada waktu check out.

  • Say Thanx You and Last Greeting.

      • Mengucapkan terima kasih atas kedatangan tamu tersebut dan mengucaqpkan salam terakhir

      • Mengclear-up sisa yang kotor, kemudian set-up kembali sesuai dengan lay-outnya

  1. Manfaat Setelah Melaksanakan On the Job Training di Quality Hoptel Yogyakarta.

    1. Penulis mendapat pengalaman tentang operasional di Serayu Chinese Restaurant.

    2. Menumbuhkan tanggung jawab dan loyalitas pada pekerjaan

    3. Mendapat relasi dan teman

    4. Mengetahui fasilitas hotel dan standar penggunaannya

    5. Mendapat pengalaman kerja sebagai modal awal dalam berkarir di bidang perhotelan.













BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan On the Job Training di Quality Hotel Yogyakarta selama tiga bulan penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :

        1. Quality Hotel Yogyakarta merupakan hotel berbintang empat yang sebelumnya mengalami beberapa pergantian nama dan management hotel.

        2. Meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada tanu merupakan visi dan misi Quality Hotel Yogyakarta.

        3. It’s The Care That Counts merupakan symbol dari Hotel Indonesia termasuk Quality Hotel Yogyakarta.

        4. Food and Beverage Department memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendapatan hotel.

        5. Beberapa fasilitas penunjang Food and Beverage Service adalah :

          1. Kakatua’s Family Restaurant

          2. Serayu Chienese Restaurant

          3. Jogja Tei Restaurant

          4. Neo De pub

          5. Banguet

        6. Serayu Chinese Restaurant merupakan restaurant yang menyediakan masakan Cina dengan menu-menu special seafood yang diolah secara Cantonese dan Szechuan.

        7. Berhasil dan tidaknya operasional suatu department dipengaruhi oleh sistem komunikasi.

        8. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari trainee mendapat bimbingan dan bantuan dari staff dan karyawan hotel sehingga dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik dan mendukung kelancaran operasional hotel.

              1. Saran

  1. Pergunakanlah masa On The Job Training semaksimal mungkin agar kita dapat memahami dunia kerja perhotelan.

  2. Ramah-tamah adalah modal utama bagi operasional suatu hotel dalam hal menjual produk hotel, oleh sebab itu keramahan harus tetap mendapatkan perhatian yang lebih.

  3. Berikan sesuatu yang terbaik dalam melayani terutama dalam memberikan service yang tepat, cepat dan memuaskan tamu.

  4. Kerjasama antar department agar lebih ditingkatkan lagi dalam menunjang kelancaran operasional hotel.

  5. Terus berusaha dan jangan menyerah sebelum mencoba.

  6. Kehati-hatian dalam menggunakan peralatan hotel.

      • as meja).Jika kurang dari 4 waiter/ waitress dapat membawa soup cup yang di letakkan di tray.

      • Setelah tamu selesai makan, waiter / waiterss mengclear –up soup cup,saucer, duck spoon dan memberikan saucer yang baru.

        1. Cold dish dan main Caurse

      • Ketika tamu menikmati makanan nya sesekali waiter/ waiterss mengecek piring – piring kosong kemudian mengangkatnya .Menuangkan china tea pada tea cup yang kosong. Meng clear-up gelas kosong dan menawarkan kembali apakah tamu ingin menambah minumannya apa tidak.

      • Setalah tamu selesai makan waiter/waiterss meng clear-up semuanya kecuali tea cup dan tea pot.

      • Offering Dessert

      • Menawarkan makanan penutup ( ice cream, pudding mix fruits, longan tofu)]

      • Mengirimkan pesanan ke pantry agar dibuatkan pesanannya.

      • Menyiapkan peralatan service sesuai dessertnya

      • Mengambil dessert ke pantry dan menyajikannya pada tamu.

      • Coffee or Tea

Setelah dessert ditawarkan pada tamu apakah menghendaki coffee dan tea

  • Billing

  • Pembayaran dilakukan di cashier dengan hanya tanda tangan menuliskan nomor kamar dan nomor.Itu berarti tamu ingin membayar bersama pemakaian fasilitas lainnya dan membayar pada waktu check out.

  • Say Thanx You and Last Greeting.

      • Mengucapkan terima kasih atas kedatangan tamu tersebut dan mengucaqpkan salam terakhir

      • Mengclear-up sisa yang kotor, kemudian set-up kembali sesuai dengan lay-outnya

  1. Manfaat Setelah Melaksanakan On the Job Training di Quality Hoptel Yogyakarta.

    1. Penulis mendapat pengalaman tentang operasional di Serayu Chinese Restaurant.

    2. Menumbuhkan tanggung jawab dan loyalitas pada pekerjaan

    3. Mendapat relasi dan teman

    4. Mengetahui fasilitas hotel dan standar penggunaannya

    5. Mendapat pengalaman kerja sebagai modal awal dalam berkarir di bidang perhotelan.













BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan On the Job Training di Quality Hotel Yogyakarta selama tiga bulan penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :

        1. Quality Hotel Yogyakarta merupakan hotel berbintang empat yang sebelumnya mengalami beberapa pergantian nama dan management hotel.

        2. Meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada tanu merupakan visi dan misi Quality Hotel Yogyakarta.

        3. It’s The Care That Counts merupakan symbol dari Hotel Indonesia termasuk Quality Hotel Yogyakarta.

        4. Food and Beverage Department memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendapatan hotel.

        5. Beberapa fasilitas penunjang Food and Beverage Service adalah :

          1. Kakatua’s Family Restaurant

          2. Serayu Chienese Restaurant

          3. Jogja Tei Restaurant

          4. Neo De pub

          5. Banguet

        6. Serayu Chinese Restaurant merupakan restaurant yang menyediakan masakan Cina dengan menu-menu special seafood yang diolah secara Cantonese dan Szechuan.

        7. Berhasil dan tidaknya operasional suatu department dipengaruhi oleh sistem komunikasi.

        8. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari trainee mendapat bimbingan dan bantuan dari staff dan karyawan hotel sehingga dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik dan mendukung kelancaran operasional hotel.

              1. Saran

  1. Pergunakanlah masa On The Job Training semaksimal mungkin agar kita dapat memahami dunia kerja perhotelan.

  2. Ramah-tamah adalah modal utama bagi operasional suatu hotel dalam hal menjual produk hotel, oleh sebab itu keramahan harus tetap mendapatkan perhatian yang lebih.

  3. Berikan sesuatu yang terbaik dalam melayani terutama dalam memberikan service yang tepat, cepat dan memuaskan tamu.

  4. Kerjasama antar department agar lebih ditingkatkan lagi dalam menunjang kelancaran operasional hotel.

  5. Terus berusaha dan jangan menyerah sebelum mencoba.

  6. Kehati-hatian dalam menggunakan peralatan hotel.

Tidak ada komentar: